Mengetahui Spesifikasi Motor Yang Digunakan Oleh Juara Dunia WSBK Toprak Ratzgatlioglu
Jakarta - Pebalap asal Turki, Toprak Ratzgatlioglu berhasil menyabet gelar juara
dunia Globe Superbike (WSBK) 2021 pada Race 1 di Pertamina Mandalika
International Street Circuit, Minggu (21/11).
Toprak berhasil memenangkan gelar juaranya meski ia harus puas finish di posisi kedua setelah pertarungan sengit dengan rivalnya, Jonathan Rea
selama 20 putaran.
Sempat mengalami penundaan karena cuaca buruk, balapan tetap
dilaksanakan dengan pengurangan. Toprak duduk sebagai polesitter, namun
Rea langsung melesat seketika lampu berubah hijau.
Kedua finish tersebut saling tukar posisi sepanjang balapan. Namun,
Toprak tak mampu mengejar Rea untuk mencuri posisi paling depan. Pada
akhirnya, podium diramaikan oleh Rea, Toprak, dan Redding.
Kemenangan dari Toprak berhasil mematahkan dominasi Rea, yang menjadi juara WSBK selama 6 kali berturut-turut sejak tahun 2015. Kesuksesan Toprak merengkuh gelar juara dunianya itu tentu tidak terlepas dari performa apik tunggangannya.
Andalkan Yamaha YZF R1
Bergabung bersama tim PATA Yamaha BRIXX WorldSBK, Toprak mengandalkan
Yamaha YZF R1 yang telah dimodifikasi khusus sesuai dengan regulasi
WSBK. Dilapisi dengan kelir biru dan nomor 54 pada bagian depannya,
Yamaha YZF R1 ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Yamaha YZF R1
yang dijual umum.
Hanya ada beberapa bagian atau komponen yang harus dihilangkan dan
disesuaikan oleh Yamaha. Seperti lampu depan dan kaca spion, kemudian
mengganti komponen bodi dengan suku cadang khusus untuk balapan
profesional.
Tidak hanya itu, Yamaha juga melakukan penyesuaian ulang dan modifikasi
pada mesin, sistem pembuangan, suspensi, rem, dan beberapa suku cadang
mesin lainnya.
Jika ditelisik rangka bangunnya, Yamaha YZF R1 yang ditunggangi oleh Toprak menggunakan sasis rangka aluminium deltabox.
Beranjak ke bagian kaki-kakinya, untuk depannya ada suspensi teleskopik
besutan Ohlins, sementara pada bagian belakangnya menggunakan redam
kejut mono. Lebih lanjut, di bawahnya mengenakan velg berukuran 17 inci
yang diselimuti dengan restriction slick atau wet dari Pirelli.
Pada sektor pengereman, dua cakram dengan kaliper besar bermodel drifting dari Brembo jadi penghenti laju depan. Sementara bagian belakangnya menggunakan cakram tunggal dengan kaliper dari Brembo juga.
Menyoal dapur pacu, rangkanya menggendong mesin dengan kubikasi 998 cc
berpendingin cairan, 4-silinder, 4-tak SOHC yang mampu memuntahkan
tenaga lebih dari 216 dk dan dikawinkan dengan transmisi hands-on
6-percepatan.
Untuk soal beratnya, bobot motor ini terbilang cukup ringan dan tak beda
jauh dengan electric motor yang digunakan pada ajang balap MotoGP,
hanya berkisar 164 kg atau mengikuti standar yang ditetapkan.
Spesifikasi Yamaha YZF R1 WSBK 2021
Punya syarat khusus untuk ikut WSBK
Mengutip TotalEnergies, syarat teknis untuk electric motor yang
mengikuti ajang balap WSBK, setidaknya pabrikan harus produksi 2.000
unit homologasi jika ingin motornya ikut berlaga pada kejuaraan balap
tersebut.
Motor yang digunakan pada ajang balap berdasarkan produk dari
setiap pabrikan yang sudah diproduksi massal. Tentu saja, ada
spesifikasi teknis tertentu yang harus dipenuhi oleh pabrikan.
Seperti kubikasi mesin harus 1.000 cc atau 1.200 cc untuk mesin dua silinder seperti Ducati. Kemudian, tenaga hanya boleh mencapai 233 dk, bobot berat maksimal 165 kg, dan maksimal kecepatan 330 km/jam.
Komentar
Posting Komentar